Salah Satu, Kesalahan Penulisan Kata, Benarkah?

Posted on Istilah 154

Frasa “salah satu” sering digunakan untuk menyebut satu hal dari beberapa hal yang ada. Contohnya bisa dilihat pada kalimat-kalimat di bawah ini.

  1. Rajin olahraga merupakan salah satu cara menjaga kesehatan.
  2. Salah satu mobil Pak Budi dicuri.
  3. Salah satu warga Kampung Sukamaju terjangkit DBD.

Pada beberapa kesempatan pelatihan menulis yang saya ikuti, frasa salah satu pernah menjadi materi pembahasan. Tetapi saat membahas frasa tersebut, mayoritas pemateri akan berucap, “Jika salah satu, lalu berapa yang benar?”

BACA JUGA: Kesalahan Penggunaan Kata Jika

Atau, ada juga yang berujar, “Kalau salah satu, lalu berapa nilainya?”

Menurut para pemateri tersebut, penggunaan frasa itu kurang tepat. Sebab, hal yang salah tidak ada. Lalu, mengapa harus disebut salah satu?

Sebagaimana disampaikan di atas, jika merujuk pada maknanya, penggunaan salah satu bertujuan untuk menyebutkan satu hal dari beberapa hal yang ada. Maka, para pemateri tersebut menganjurkan buat menulis langsung bagian tersebut, tanpa menggunakan frasa tersebut.

Mari, kita kembali ke tiga contoh kalimat di atas.

Pada contoh pertama, kalimat bisa ditulis, “Rajin olahraga merupakan satu dari beberapa cara menjaga kesehatan.”

Atau, alternatif lainnya dapat ditulis, “Rajin olahraga merupakan satu di antara cara menjaga kesehatan.”

Sementara, kalimat kedua bisa dibuat menjadi, “Satu unit mobil Pak Budi dicuri.”

Adapun, kalimat ketiga bisa ditulis, “Seorang warga Kampung Sukamaju terjangkit DBD.”

Akan lebih baik, kalimat dibuat secara detail. Tentunya, supaya bisa menulis secara detail, data yang lengkap diperlukan.

Misalnya pada contoh kedua, kalimat secara detail bisa dibuat dengan menuliskan, “Satu unit dari empat unit mobil Pak Budi dicuri.”

Atau pada contoh ketiga, kalimat bisa dibuat, “Satu orang dari 100 orang warga Kampung Sukamaju terjangkit DBD.”

Kalimat yang detail mampu memberikan informasi lebih lengkap terhadap pembaca. Tetapi apabila sulit membuat kalimat secara detail, semisal pada contoh pertama, penggunaan frasa satu di antara, lebih dianjurkan.

telunjukjempol.com

Salah Satu Menurut KBBI

Merujuk Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, yang dilihat saat tulisan ini dibuat pada awal Maret 2017, kata salah memiliki enam arti. Keenam arti tersebut adalah tidak benar atau tidak betul, keliru atau khilaf, menyimpang dari yang seharusnya, luput atau tidak mengenai sasaran atau gagal, cela atau cacat, dan kekeliruan.

Selain memberikan arti kata salah, ada juga arti frasa yang di dalamnya terdapat kata salah. Menariknya, satu di antara frasa tersebut adalah frasa salah satu.

Arti frasa salah satu pun berbeda jauh dengan arti kata salah. Dalam KBBI daring, salah satu memiliki arti satu di antara yang ada.

BACA JUGA: Gadget Murah atau Gawai Terbaru

Keberadaan frasa salah satu dalam KBBI menunjukkan bahwa hal itu sudah tepat untuk digunakan. Meskipun, sebagaimana penjelasan sebelumnya, beberapa pemateri dalam pelatihan menulis yang saya ikuti menyatakan, hal tersebut kurang tepat.

Tentu saja, penggunaan frasa salah satu sepenuhnya dikembalikan kepada masing-masing penulis, apakah akan menggunakan frasa itu atau tidak.

salah satu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *