Persiapan Sebelum Menulis, Ciptakan Suasana Nyaman

Persiapan sebelum menulis merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan. Tentunya, hal tersebut akan berimbas pada hasil tulisan yang Anda buat.

Setiap orang memiliki cara dan perilaku berbeda, yang dilakukan sebelum memulai menulis. Pada intinya, cara dan perilaku itu bertujuan membangkitkan semangat dan gairah menulis. Sehingga, karya tulis yang dihasilkan adalah karya yang baik.

Cara dan perilaku setiap orang tersebut pun bisa berubah seiring waktu, pada setiap pribadi.

Saat masa awal menulis, saya butuh kesunyian untuk mulai mengetik di komputer. Sehingga, saya bisa fokus dalam menulis. Dan ketika itu, saya sama sekali tidak bisa menulis di tengah keramaian.

Tetapi saat ini, saya yang menciptakan ‘kesunyian’ ketika hendak menulis. Meskipun di tengah keramaian, saat sebuah ide muncul, saya bisa langsung menulis, tanpa memedulikan keramaian yang ada.

Dari hasil bertanya kepada beberapa teman, mereka ternyata memiliki cara dan perilaku tersendiri sebagai persiapan sebelum menulis.

Cerita seorang teman, ia membutuhkan minuman hangat, biasanya kopi atau susu, sebelum memulai menulis. Alasannya, minuman tersebut mampu membuat pikirannya rileks.

Seorang teman yang lain, ia mengaku bisa menulis lancar saat malam, ketika semua orang tertidur.

Mengutip Trivia.id, seorang penulis novel Indonesia Dewi ‘Dee’ Lestari merasa lebih nyaman menulis di rumah. Di dalam rumahnya, Dewi juga senang duduk di sebuah sofa, yang mampu membuatnya mengeluarkan imajinasi.

Untuk bisa mendapatkan kondisi yang nyaman sebelum menulis, Anda tentunya harus menemukan sendiri. Karena, sekali lagi, kondisi nyaman akan berbeda untuk setiap orang.

Perasaan nyaman mampu membuat Anda tenang dan lebih fokus dalam berpikir. Sehingga, semangat menulis pun bisa muncul.

Jika kenyamanan dan semangat sudah muncul, Anda tentunya tinggal menuangkan ide ke dalam tulisan. Selain kenyamanan dan semangat, ide kerap menjadi persoalan tersendiri yang muncul. Terkait itu, Anda bisa membaca artikel Mengawali Tulisan dengan Menabung Ide.

Dengan persiapan sebelum menulis yang baik, Anda memiliki peluang lebih besar untuk menghasilkan karya tulis yang ajeg dan paripurna.

Persiapan Sebelum Menulis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *