Menggelar Konferensi Pers, Perhatikan Waktu dan Tempat

Posted on Humas 173

Menggelar konferensi pers merupakan bagian tugas pejabat hubungan masyarakat (humas) atau public relation, dalam memberikan informasi kepada masyarakat, melalui media massa.

Konferensi pers dilakukan pemberi informasi, dalam hal ini perusahaan, dengan mengundang jurnalis atau wartawan. Sebelum menggelar konferensi pers, ada dua hal yang setidaknya perlu mendapat perhatian, yakni waktu dan tempat pelaksanaan konferensi pers.

Waktu menjadi penting karena berhubungan dengan deadline atau tenggat waktu jurnalis, untuk menuliskan berita supaya bisa diterbitkan sesuai jadwal. Pejabat humas yang baik, tentu harus mengetahui deadline pembuatan berita dari berbagai media massa, baik cetak, siber, maupun elektronik.

BACA JUGA: Gadget Murah atau Gawai Terbaru

Pemberian jeda waktu antara pelaksanaan konferensi pers dengan deadline jurnalis dalam membuat berita, hal itu akan memberikan ruang bagi jurnalis untuk lebih dalam saat membuat berita. Jurnalis tidak akan terburu-buru dalam membuat berita karena konferensi pers dilaksanakan mepet dengan deadline. Sehingga pada akhirnya, berita yang dibuat jurnalis menjadi ‘seadanya’.

Berdasarkan pengalaman saya sebagai jurnalis, waktu yang tepat untuk menggelar konferensi pers berkisar antara pukul 10.00 sampai pukul 14.00. Dengan catatan, apabila dimulai pada pukul 10.00 tepat atau pukul 14.00 tepat, durasi konferensi pers maksimal hanya satu jam. Alasannya, deadline.

Jika dilakukan pukul 10.00, hasil konferensi pers bisa segera ditayangkan media siber untuk pembaca siang. Begitupun, media elektronik yang umumnya memiliki acara berita saat tengah hari.

Sementara, jika konferensi pers dilakukan di atas pukul 10.00 hingga pukul 14.00, hasil konferensi bisa segera disiarkan media elektronik untuk acara berita petang. Begitupula, media siber. Sedangkan pada media cetak harian, deadline penulisan berita umumnya pada petang.

Dengan jeda waktu yang baik antara waktu pelaksanaan konferensi pers, dan deadline pembuatan berita, informasi yang disampaikan dalam konferensi pers dapat diteruskan lebih baik melalui media massa.

Setelah menentukan waktu yang tepat untuk menggelar konferensi pers, tempat pelaksanaan konferensi pers menjadi hal penting lain yang perlu diperhatikan.

Syarat tempat penyelenggaraan konferensi pers adalah mudah dijangkau oleh jurnalis. Misalkan, jika perusahaan Anda berada di pinggiran kota, maka Anda perlu memikirkan untuk tidak memaksakan menggelar konferensi pers di perusahaan Anda.

Carilah, lokasi strategis yang memudahkan jurnalis untuk sampai ke tempat konferensi pers. Jika perlu, Anda bisa bertanya kepada jurnalis di mana biasanya mereka berkumpul. Sebab umumnya, jurnalis lapangan memiliki spot-spot tertentu untuk berkumpul.

BACA JUGA: Membuat Rilis yang Baik

Tempat yang mudah dijangkau termasuk akses yang lancar. Meskipun sebuah tempat strategis karena berada di tengah kota, tetapi jika arus lalu lintasnya macet, tempat tersebut akan sulit dijangkau.

Untuk mengantisipasinya, Anda bisa saja menyesuaikan dengan waktu pelaksanaan konferensi pers. Yaitu, menggelar konferensi pers di luar jam sibuk.

menggelar konferensi pers

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *