Gadget Murah atau Gawai Terbaru

Mengawali milenium ketiga, teknologi komunikasi berkembang semakin pesat. Hal itu tampak dengan kehadiran telepon seluler (ponsel) yang mulai banyak digunakan.

Hingga kemudian, penggunaan ponsel beralih ke ponsel pintar (smartphone). Di mana sebelumnya, ada masa transisi peralihan ponsel ke ponsel pintar, melalui kehadiran feature phone.

Selain ponsel pintar, ada juga tablet, yang berfungsi serupa ponsel pintar tetapi dengan ukuran lebih besar.

Sementara di antara smartphone dan tablet, ada phablet, yang merupakan singkatan dari smartphone tablet. Phablet memiliki ukuran lebih besar dari smartphone tetapi lebih kecil dibandingkan tablet.

Smartphone mempunyai ukuran di bawah 5 inci. Sedangkan, phablet berkisar di atas 5 inci tetapi di bawah 7 inci. Adapun, ukuran tablet di atas 7 inci (Duel Tablet Vs Phablet, yang Mana Pilihan Anda?; Oketekno.com; 14/10/2014).

Feature phone, smartphone, phablet, dan tablet kerap disebut gadget.

Gadget berasal dari bahasa Inggris. Dalam Oxford Dictionaries, gadget berarti A small mechanical or electronic device or tool, especially an ingenious or novel one. (oxforddictionaries.com).

Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, gadget berarti sebuah perangkat mekanik atau elektronik atau alat yang berukuran kecil, terutama yang cerdik atau baru.

Seiring perkembangan teknologi komunikasi, kata gadget pun kerap terucap dalam percakapan sehari-hari masyarakat Indonesia. Lalu, apakah ada padanan kata gadget dalam bahasa Indonesia?

Menurut Rahmadianti Cynthia dalam 18 Kata dalam Bahasa Indonesia yang Membuktikan Bahwa Bahasa Kita Sebenarnya Kaya! (Hipwee.com, 15/10/2015), para ahli bahasa menyepakati,  padanan kata gadget dalam bahasa Indonesia adalah gawai.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), gawai memiliki dua makna. Pada makna pertama, gawai diartikan sebagai kerja atau pekerjaan. Dari makna itu, muncul kata pegawai.

Sementara, gawai pada makna kedua berarti alat atau perkakas. Makna kedua itu yang kemudian dipakai sebagai padanan kata gadget.

Saya kurang mengetahui mengenai adanya kesepakatan para ahli tentang padanan kata gadget menjadi gawai dalam bahasa Indonesia.

Saya justru mengetahui padanan kata gadget dalam bahasa Indonesia dari media massa. Pada mulanya, saya menemukan kata gawai di Kompas dan Tempo.

Hingga kemudian, saya ketahui maksud kata tersebut di dua media itu, yang merujuk pada gadget dalam bahasa Inggris. Dengan adanya padanan kata dalam bahasa Indonesia, gawai tentu harus “lebih akrab” di telinga masyarakat Indonesia, dibandingkan gadget.

Dengan demikian, tulisan atau perbincangan yang kerap muncul, seperti gadget murah atau gadget terbaru, sudah seharusnya mulai tergantikan dengan gawai murah atau gawai terbaru.

gawai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *