Contoh Skenario Film

Posted on Film 1696

Dalam sebuah Pelatihan Penulisan Naskah Film, seorang penulis skenario senior Indonesia, Jujur Prananto  memberikan contoh skenario film. Pelatihan tersebut diadakan Universitas Bandar Lampung (UBL), pada 26 November 2008.

Berikut, contoh skenario film seperti disampaikan Jujur Prananto. Contoh skenario film ini mengutip skenario film Doa yang Mengancam.

Contoh skenario film

Contoh Skenario Film

Contoh Skenario Film

Contoh Skenario Film

Contoh Skenario Film

Contoh Skenario Film

Sebelum memberikan contoh skenario film, pada pelatihan tersebut, Jujur Prananto mengawali penjelasannya dengan menyampaikan peran skenario dalam film. Menurutnya, skenario dalam film kurang lebih sama dengan blueprint atau cetak biru dalam arsitektur.

“Dengan melihat blueprint arsitektur sebuah calon bangunan, kita bisa memperoleh gambaran secara jelas wujud bangunan, yang akan dibangun,” kata Jujur Prananto.

Dalam membuat skenario film, lanjut Jujur Prananto, penggambaran hal yang dilakukan seorang tokoh, juga harus benar-benar jelas.

Sehingga, dengan membaca skenario, si pembaca itu sudah bisa memperoleh gambaran secara jelas, tentang film yang akan dibuat, berdasarkan skenario tersebut. Artikel lengkap terkait peran skenario silakan baca Membuat Skenario Film, Sekilas tentang Triangle System.

Pembuatan skenario diawali dengan ide. Setelah ide atau gagasan terbentuk, tahap pertama pembuatan skenario film adalah menjelaskan ide dalam beberapa kalimat.

Jujur Prananto menuturkan, ide yang baik bertolak dari premis tertentu.

Usai ide tertuang dalam kalimat, tahap selanjutnya adalah mengembangkan ide menjadi sebuah sinopsis. Artikel lebih lengkap tentang tahap awal membuat skenario, silakan baca Tahap Pembuatan Skenario Film (1).

Artikel tersebut menjelaskan tiga tahap pertama dalam pembuatan skenario film. Sementara, dua tahap berikutnya bisa dibaca di Tahap Pembuatan Skenario Film (2).

Selain menjelaskan tahap-tahap pembuatan skenario film, Jujur Prananto juga memberikan tips membuat skenario film. Salah satu tips yang diberikan adalah memunculkan unsur dramatik. Jujur Prananto menerangkan, unsur dramatik bahkan harus dimasukkan sejak pembuatan scene plot atau treatment.

Secara lebih lengkap, tips tersebut dapat dilihat di 2 Tips Membuat Skenario Film yang Menarik.

Sementara, contoh skenario film merupakan penghabisan dari materi yang disampaikan Jujur Prananto, dalam Pelatihan Penulisan Naskah Film yang digelar UBL 26 November 2008 tersebut.

Contoh skenario film

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *