11 Pengertian Public Relations Menurut Para Ahli

Pengertian public relations telah disampaikan banyak ahli pada berbagai masa. Sebagian besar orang mungkin mengenal public relations sebagai pekerjaan, yang memiliki tugas untuk memberikan nilai positif terhadap perusahaan, di mata masyarakat.

Lina Sinatra dan Rini Darmastuti dalam artikel ilmiah berjudul Kajian Peran Public relations dalam Meningkatkan Citra Perguruan Tinggi Swasta di Jawa Tengah, yang dimuat dalam Jurnal Ilmiah SCRIPTURA volume 2 nomor 2 Juli 2008, menyatakan bahwa kerancuan pandangan dan persepsi mengenai public relations masih sering dijumpai.

BACA JUGA: Nada Tjerita, Esai-esai tentang Orang, Irama, dan Belanda

“Dalam pandangan masyarakat selama ini, public relations diidentikkan sebagai profesi yang dimiliki seorang wanita, digambarkan sebagai seorang wanita yang cantik, seksi, dan biasanya ditugaskan untuk menyambut tamu-tamu yang datang ke suatu perusahaan atau organisasi. Padahal, profesi public relations sangat berbeda dengan apa yang digambarkan masyarakat selama ini,” tulis Lina dan Rini.

Lalu, bagaimana sebenarnya pengertian public relations?

Berikut, 11 pengertian public relations yang telah disampaikan para ahli, perguruan tinggi, asosiasi, maupun tertuang dalam kamus. Pengertian-pengertian tersebut dikutip dari berbagai artikel ilmiah, yang telah diterbitkan dalam bermacam jurnal.

Pengertian Public Relations Menurut Edward LB dan Byron C

Dalam artikel ilmiah berjudul Manajemen Public Relations sebagai Alat Etika Komunikasi dalam Bisnis Islam, yang diterbitkan dalam academia.edu, Yuke Rahmawati menuliskan pengertian public relations menurut Edward LB dan Byron, yang dikutip dari buku Hubungan Masyarakat Modern karya SK Bonar.

Menurut Edward LB, public relations mempunyai tiga pengertian, yaitu:

  1. Memberikan penerangan kepada masyarakat.
  2. Mendorong langsung terhadap masyarakat untuk mengubah dan tindakan.
  3. Usaha-usaha pengintegrasian sikap dan tindakan dari perusahaan dengan masyarakat, dan dari masyarakat dengan perusahaan.

Sementara, Byron C mengatakan, public relations adalah suatu usaha yang sadar untuk memengaruhi orang, terutama melalui komunikasi, guna berpikir baik terhadap organisasi, menghargai dan mendukungnya, serta bersimpati dalam menghadapi tantangan dan hambatan.

Pengertian Public Relations Menurut IPR dan IPRA

Kedua pengertian public relations tersebut tertuang dalam artikel ilmiah karya Prida AAA berjudul Public Relations (PR) dan Kesalahpahaman Publik atas Pemaknaan Sebuah Profesi, yang terbit di Jurnal Ilmiah SCRIPTURA volume 1 nomor 2 Juli 2007.

British Institute of Public Relations (IPR) menyatakan bahwa PR is about reputation (the result of what you do, what you say, and what others say about you). PR practice is the discipline which looks after reputation with the aim of earning understanding and support, and influencing opinion, and behavior.

Sementara, International Public Relations Association (IPRA) menyatakan bahwa public relations adalah fungsi manajemen yang direncanakan dan dijalankan secara berkesinambungan oleh organisasi, lembaga umum, maupun pribadi, untuk memperoleh dan membina saling pengertian, simpati, dan dukungan publik, dengan cara menilai opini publik, yang bertujuan untuk menghubungkan kebijaksanaan dan prosedur, guna mencapai kerja sama yang lebih produktif, dan untuk memenuhi kepentingan bersama yang lebih efisien, dengan kegiatan komunikasi yang terencana dan tersebar luas.

Pengertian Public Relations Menurut Webster Dictionary dan Pertemuan Mexico City

Artis dalam artikel ilmiah berjudul Strategi Komunikasi Public Relations, yang dimuat dalam Jurnal Sosial Budaya volume 8 nomor 2 Juli-Desember 2011 mengutip pengertian public relations dari Webster Dictionary dan pertemuan wakil-wakil pakar public relations di Mexico City.

Dalam Webster’s Third New Internasional Dictionary, public relations adalah the art of science of developing reciprocal understanding and goodwill (seni pengetahuan untuk mengembangkan pengertian timbal balik dan niat baik).

Adapun, dalam pertemuan wakil-wakil pakar public relations di Mexico City pada Agustus 1978, definisi public relations adalah seni dan ilmu pengetahuan sosial, yang dapat dipergunakan untuk menganalisis kecenderungan, memprediksi konsekuensi-konsekuensinya, menasihati pimpinan organisasi, dan melaksanakan program yang terencana mengenai kegiatan-kegiatan yang melayani, baik untuk kepentingan organisasi maupun kepentingan publik atau umum.

Pengertian Public Relations Menurut Frank Jefkins dan Daniel Yadin

Aryanti Puspokusumo menulis artikel ilmiah berjudul Peranan Management Public Relations dalam Mempertahankan Citra Perusahaan Jasa Perhotelan, Studi Kualitatif pada Re-Opening Hotel Mandarin Oriental Jakarta yang dimuat dalam Binus Business Review volume 2 nomor 1 Mei 2011.

Dalam artikel tersebut, Aryanti menerangkan pengertian public relations menurut Frank Jefkins dan Daniel Yadin, yang tertuang dalam buku mereka berjudul Public Relations (2004). Jefkins dan Yadin mendefinisikan public relations sebagai semua bentuk komunikasi yang terencana, antara satu organisasi dengan semua khalayaknya, dalam rangka mencapai tujuan-tujuan spesifik, yang berlandaskan pada saling pengertian.

Pengertian Public Relations Menurut W Emerson Reck

Dalam artikel ilmiah berjudul Public Relations dalam Kegiatan Marketing, yang terbit di Jurnal Komunikologi volume 1 nomor 1 Maret 2004, Erman Anom menuliskan definisi public relations menurut W Emerson Reck.

Reck berpendapat, public relations merupakan kelanjutan dari proses pendapatan kebijaksanaan, penentuan pelayanan, dan sikap yang disesuaikan dengan kepentingan orang-orang atau golongan, agar orang atau lembaga itu memperoleh kepercayaan dan good will dari mereka.

Pengertian Public Relations Menurut JE Grunig dan T Hunt

Aswad Ishak dalam artikel ilmiah berjudul Peran Public Relations dalam Komunikasi Organisasi, yang dimuat dalam Jurnal Komunikasi volume 1 nomor 4 Januari 2012, mengutip pengertian public relations menurut JE Grunig dan T Hunt.

Definisi public relations tersebut tertuang dalam buku karya Grunig dan Hunt berjudul Managing Public Relations (1984). Menurut Grunig dan Hunt, public relations adalah suatu management of communication between an organization and its public.

Pengertian Public Relations Menurut John E Marson

Dalam artikel ilmiah berjudul Kajian Peran Public Relations dalam Meningkatkan Citra Perguruan Tinggi Swasta di Jawa Tengah, yang dimuat dalam Jurnal Ilmiah SCRIPTURA volume 2 nomor 2 Juli 2008, Lina Sinatra dan Rini Darmastuti mengutip pengertian public relations menurut John E Marson.

Marson menerangkan, public relations adalah seni untuk membuat perusahaan anda disukai dan dihormati oleh para karyawan, konsumen, serta para penyalurnya.

Pengertian Public Relations Menurut Gordon C Joyce

Lalu Muhammad Fahri menuliskan pengertian public relation menurut Gordon C Joyce, dalam artikel ilmiah berjudul Strategi Marketing Public Relations Go-Food dalam Pembentukan Citra Perusahaan di Kota Surabaya.

Pengertian public relation menurut Gordon C Joyce tertuang dalam buku Effective Public Relations (2006) karya Scott M Cutlip, Allan H Centre, dan Glen M Brown.

BACA JUGA: 3 Proses Memproduksi Berita di Media Cetak

Gordon menerangkan bahwa public relations adalah fungsi manajemen yang membangun dan mempertahankan hubungan baik dan bermanfaat, antara perusahaan dengan publik yang memengaruhi kesuksesan dan kegagalan perusahaan tersebut.

Demikian, 11 pengertian public relations yang telah disampaikan para ahli, perguruan tinggi, asosiasi, maupun tertuang dalam kamus. Berbagai pengertian tersebut, diharapkan dapat menjadi referensi bagi para pembaca, guna menambah pengetahuan.

pengertian public relations

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *